Pesawat Dakota menjadi Legendaris, mungkin pesawat satu satunya yang paling banyak ikut serta dalam kancah peperangan. Bayangkan pesawat tersebut digunakan sejak Perang Dunia II, Perang Korea, Perang Vietnam, bahkan di Indonesia pada Perang Tim Tim di tahun 1975 sebagai pesawat andalan. Terbang perdana di tahun 1935 tepatnya tanggal 17 Desember 1935, pesawat ini diproduksi mulai tahun 1936. Mungkin belum ada produksi pesawat Propeller yang melebih pesawat Dakota yang mencapai 10.629 unit. Bandingkan pesawat yang hampir seangkatan seperti Pesawat UF 1 Albatros hanya sekitar 466 unit dan Pesawat Ilyusin 11 - 14 AVIA diproduksi sekitar 1.348 unit.
Sebagi Pilot Senior yang pernah menerbangkan Pesawat C 47 Dakota, penulis mengakui keunggulan pesawat tersebut. Dari penuturan para senior, bisa menerbangkan Pesawat Dakota, tidak akan kesulitan untuk menerbangkan pesawat lain. Benar juga penuturan para senior ini. Menerbangkan pesawat Dakota yang tergolong pesawat sedang, hanya mengandalkan otot, bernavigasi hanya mengandalkan mata, pesawat un pressurize, tidak mengherankan keringat bercucuran. Bahkan bila dalam cuaca buruk, hujan deras, pilot bisa basah kuyup karena hujan masuk cockpit.
Pesawat Dakota menjadi Legendaris, bukan hanya diproduksi terbanyak di kelasnya, mengalami berbagai kancah peperangan, namun selain sebagai pesawat Transport, pesawat ini juga sebagai pesawat Tempur. Sebagai pesawat Transport, cara mengoperasikan tidak beda jauh dengan pesawat Transport lainnya, namun sebagai pesawat tempur memang mempunyai keunikan sendiri. Pesawat Tempur biasanya dengan kecepatan tinggi dan lincah manouvernya, dan fungsinya menembak atau membom. Sasaran tembak pesawat tempur biasanya pin point, dan cara menembak dengan menukik dan setelah melalukan penembakan, biasanya naik tajam dan menghindar.
Pesawat Dakota ini sudah lambat, kalau menembak seolah pesawat diam, karena sambil memutar ditempat atau dikenal dengan gerakan Steep Turn. Steep Turn adalah gerakan berputar dan mempertahankan ketinggian, ini termasuk manouver berat bagi pilot Transport. Senjata yang digunakan pesawat Dakota adalah jenis SMB (Senapan Mesin Berat) AN M3 Kaliber 12,7 mm. Senjata dipasang disebelah kiri pesawat, bukan dipasang didepan seperti yang dipasang pada pesawat tempur.
Sewaktu operasi di Timor Timur di tahun 1975, TNI Angkatan Udara mengerahkan 2 pesawat Dakota yang dipersenjatai yaitu T 486 dan T 487. Pesawat Dakota memang bukan di design untuk Pesawat Tempur, namun dimodifikasi untu bisa menyerang dari udara. Hasil Tembakannyapun bukan pin poin tetapi tembakan acak, dengan tujuan utama menurunkan moril musuh. Peran Pesawat Dakota sebagai Pesawat Tempur berhenti setelah hadirnya Pesawat Tempur OV - 10 Bronco di tahun 1976.
Dengan datangnya pesawat Tempur OV - 10 Bronco, bukan berarti misi Dakota berhenti. Pesawat Dakota sesuai fungsinya sebagai pesawat transpoort, tetap ikut operasi di Timor Timur. Penulis saat itu masih sebagai Copilot, tetapi merasakan ketegangan dalam operasi. Melaksanakan Penerjunan Pasukan bukan hal yang menegangkan karena terbang masih relatif tinggi. Operasi yang menegangkan adalah menerjunkan barang dukungan logistik seperti beras dan kebutuhan makan lainnya, dengan terbang sangat rendah seperti mau mendarat, saat itulah barang barang didorong keluar. Walaupun dicari tempat yang jauh dari lokasi musuh, toh sempat ekor pesawat yang penulis terbangkan berlobang kena tembakan musuh.
Adapun julukan pesawat DC 3 untuk versi sipil dan C 47 untuk versi militer diantaranya :
1. Dakota
2. The Flying Vagrant
3. Grand Old Lady
4. Skytrain
5. The Flying Elephant
6. Gooney Bird
7. Dumbo
8. Taby
9. Seulawah
10. Den Bey
11. Puff The Magic Dragon
12. Spooky
13. FC (Fighter Cargo)
14. AC (Attack Cargo)
Mungkin belum ada pesawat yang mempunyai julukan seperti pesawat DC 3 atau C 47, dan tidak heran kalau pesawat Dakota merupakan Legendaris dikelasnya (Penulis salah satu Pilot Dakota di TNI AU)
Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.
BalasHapusJika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.
saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp15 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.
Pembayaran yang fleksibel,
Suku bunga rendah,
Layanan berkualitas,
Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan
Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)
Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)